Forum Kesehatan Desa (FKD)

FORUM KESEHATAN DESA (FKD)

tegowanukulon-grobogan.desa.idForum Kesehatan Desa (FKD)  merupakan wadah partisipasi bagi masyarakat dalam mengembangkan pembangunan kesehatan di tingkat desa. Di wilayah Kecamatan, setiap desa sebenarnya telah terbentuk FKD dan rutin mengadakan pertemuan tiga bulanan. Dengan adanya FKD ini bisa meningkatkan kesehatan warga masyarakat.

Forum Kesehatan Desa dibentuk untuk mewujudkan masyarakat yang mandiri untuk hidup sehat. Untuk mewujudkan hidup sehat, diharapkan masyarakat pada saat ini sudah faham betul dengan arti sehat yang sesungguhnya agar masyarakat mampu hidup mandiri, sehat dan dinamis.

Namun  perkiraan tersebut masih jauh dari realitas, masih terdapat beberapa persoalan tentang kesehatan yang membutuhkan perhatian lebih dari pemerintah. Maka dari itu di bentuk FKD (Forum Kesehatan Desa) untuk memudahkan masyarakat menjadi mandiri dalam hidup sehat. Selain itu, FKD juga sebagai wadah untuk merumuskan dan memecahkan masalah kesehatan di desa. FKD juga sebagai bentuk upaya untuk menjadi Desa Siaga.

Desa Siaga adalah bentuk pelayanan kesehatan berbasis masyarakat yang merupakan upaya mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di desa sekaligus memberdayakan masyarakat. Sedangkan tujuan dari Desa Siaga adalah terwujudnya masyarakat desa yang sehat, peduli dan tanggap terhadap permasalahan kesehatan di wilayahnya sendiri.

Kedepan oleh Pemerintah Desa FKD ini diharapkan mampu membantu dalam pengelolaan kesehatan di desa. Mengingat banyak permasalahan kesehatan yang ada ditengah masyarakat saat ini. Selain memperkuat sisi peningkatan secara kelembagaan melalui penganggaran desa, desa nantinya juga akan mendorong upaya kerjasama dengan pihak – pihak ketiga mempunyai kepentingan sama yang beberapa tahun telah berjalan.