Pertemuan Penguatan Penurunan Angka AKI dan AKB DI Kabupaten Grobogan

  • pembicara

Grobogan- Angka Kematian Ibu ( AKI ) dan Angka Kematian Bayi / Balita ( AKB ) di Kabupaten Grobogan menurut Dinas Kesehatan Kabupaten Grobogan tiap tahun mengalami fluktuasi atau naik turun. Hal tersebut dipengaruhi banyak faktor yakni 30 % kesehatan dan 70 % merupakan faktor lintas sektor. Sehingga untuk menanggulanginya atau menurunkannya perlu kerjasama terkoordinasi semua pihak terkait.

Dalam Pertemuan Penurunan AKI / AKB Tingkat Kabupaten Grobogan, Rabu (18/09/2019) di Ruang Pertemuan dejavu Cafe Resto Purwodadi, yang dibuka oleh ibu Titik haryanti, sebagai Kasi kesehatan Kab. Grobogan, dibahas bagaimana mewujudkan upaya komitmen bersama dan dukungan lintas program untuk menurunkan angka kematian ibu, bayi dan balita di Kabupaten Grobogan.

Menurut Kasie Kesehatan Keluarga dan Gizi, rapat koordinasi dalam pertemuan tersebut merupakan upaya Pemkab Grobogan dalam penurunan angka kematian ibu bayi balita serta penurunan gizi buruk dan stunting yang juga merupakan prioritas kegiatan dari pusat provinsi maupun Kabupaten Grobogan.

Menurutnya, walaupun Kabupaten Grobogan bukan merupakan daerah resiko ( daerah ) yang banyak penderita stunting ( tubuh pendek ) namun tetap ada upaya untuk menekan kasus stunting yang ada di Kabupaten grobogan sebagai salah satu penyebab kematian balita.

Dari data yang ada AKI pada di Kabupaten 2019 sebanyak 31 kasus, tahun 2018 sampai Maret 2019 31 kasus AKi di Kabupaten Grobogan.

menurut Ibu Titik Haryanti, Skm dalam sambutannya, mengharapkan supaya segera dibentuk Rencana Kerja Tindak Lanjut ( RKTL ) untuk menekan AKI dan AKB serendah mungkin di Kabupaten Grobogan dalam rangka mewujudkan generasi yang handal.

“Kami mengharapkan supaya ada satu komitmen yang didukung semua stake holder untuk mewujudkan aksi nyata dalam mengatasi AKI dan AKB di Kabupaten Grobogan yang masih cukup tinggi ini. Koordinasi pada hari ini perlu segera ditindaklanjuti sesuai dengan tangjungjawab masing – masing,” pesan bu Titik Haryanti, SKm. (Drt)

 

Follow me!

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *