Sosial dan Politik Masyarakat

Profil sosial masyarakat

Dalam aktivitas keseharian, masyarakat Desa Tegowanu Kulon sangat taat dalam menjalankan ibadah keagamaan seperti Jama’ah Tahlil di setiap lingkungan RT . Setiap Rukun Tetangga (RT) dan dusun memiliki kelompok-kelompok pengajian. Pada peringatan hari besar Islam, penduduk Desa Tegowanu Kulon kerap menggelar acara peringatan dan karnaval budaya dengan tema yang disesuaikan dengan hari besar keagamaan. Sebagian besar warga Desa Tegowanu Kulon terafiliasi pada organisasi kemasyarakat Islam NU dan Muhammadiyah.

Gelaran perayaan lain selalu dilakukan dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Setiap pedukuhan akan turut serta dan semangat menampilkan ciri khasnya dalam acara peringatan HUT RI dan karnaval budaya.

Kelompok pemuda, Masyarakat dan Tokoh Masyarakat di Desa Tegowanu Kulon  yang tergabung dalam kelompok pegiat  dalam banyak kegiatan desa. Kelompok ini aktif menggelar program kegiatan Masyarakat, penguatan Kegiatan Forum Kesehatan Desa/FKD dalam PKK, Posyandu,  pelatihan Kader-kader Posyandu, penanggulangan bencana, dan kampanye Gerakan Remaja Sayang Ibu (GEMAS).

Organisasi keagamaan dalam naungan NU dan Muhammadiyah dalam Banser, Fatayat dan Muslimat aktif  kegiatan pendidikan anak pada pesantren, madrasah serta pengajian pengajian di Mushola maupun masjid yang ada dilingkungan masing-masing.

Penduduk Desa Tegowanu Kulon bekerja pada bidang Pertanian, Peternakan, Jasa, Kewirausahaan, PNS, non PNS, Karyawan Swasta, Buruh pabrik, kontruksi bangunan dan lainya.  Sejumlah warga Desa banyak merantau di daerah di luar Jakarta, Semarang dan lainya serta luar pulau.  Warga Desa Tegowanu Kulon yang merantau di luar desa dan sekitarnya dikarenakan peluang Kerja dan persaingan cukup tinggi sehingga berinisiatif untuk bekerja di luar kota bahkan bekerja sebagai TKW di luar negeri.

Profil politik masyarakat

Warga Desa Tegowanu Kulon dikenal sebagai kelompok masyarakat yang paling aktif dan memiliki potensi tertinggi untuk berpartisipasi dalam pemberian suara untuk Pemilihan Umum dan Pemilihan Kepala Daerah Langsung. Tingkat partisipasi warga di desa ini cukup tinggi jika.

Warga Desa Tegowanu Kulon sangat aktif dalam mengawal proses penyusunan Rancangan Pembangunan Desa melalui Musyawarah Pembangunan Desa (MUSREMBANGDES) yang diadakan setiap 1 tahun sekali dalam penyusunan usulan RPJMdes.

Permasalahan mendasar yang ada di Desa Tegowanu Kulon adalah tidak imbangnya jumlah pencari kerja dengan jumlah lapangan kerja yang tersedia. Sehingga kebanyakan mereka bekerja di luar Desa. Jadi, perlu gerakan kembali ke Desa serta menarik sumber-sumber ekonomi ke desa agar pencari kerja tidak banyak tersedot ke luar Desa.

 

Sumber:
Laporan Pertanggung Jawaban Lurah Desa Tegowanu Kulon, Kecamatan Tegowanu, Kabupaten Grobogan tahun 2018 pada serah terima jabatan kepala desa.