Sejarah & Budaya Desa

Desa Tegowanu Kulon adalah salah satu desa di Kecamatan Tegowanu, yang terletak 7 Kilometer dari Kota Kecamatan. Sampai saat ini sejarah kelahiran Desa Tegowanu Kulon belum bisa diketahui secara pasti karena tidak adanya bukti-bukti tertulis yang menerangkan tentang asal usul atau sejarah dari Desa Tegowanu Kulon, akan tetapi berdasarkan cerita dari para tetua/sespuh kami, Penyusun mencoba merangkum Sejarah Desa Tegowanu Kulon dari informasi dan keterangan-keterangan yang Penyusun dapatkan.

Desa Tegowanu Kulon adalah termasuk salah satu desa tua,hal ini dapat dibuktikan dengan ditemukannya Sarean/Punden babat yoso Desa Tegowanu Kulon yaitu simbah Eyang Tuan dan Tapak tilas simbah Nyai Jembangan. Tetapi lahirnya nama Desa Tegowanu berawal dari cerita bahwa dahulu kala di tempat tersebut ada 3 (Tiga) orang musafir yang menemukan jenazah yang masih utuh, karena situasi pada saat itu tidak ada seorang pun yg berani untuk merawat dan memakamkan kecuali ketiga muhsafir tersebut  maka sebagai jasa baik dan pengorbanan ketiga muhsafir tersebut daerah tersebut di beri nama Tegowanu.

Artinya nama Desa Tegowanu mempunyai arti Tiga dan Wanu/wani. Dengan  setelah sampai sekarang  dinamakan wilayah tersebut dengan nama Tegowanu, sedangkan nama Desa Tegowanu Kulon berawal wilayah Desa Sidorejo yang pada masa zaman kerajaan dahulu kala memisahkan diri  ke kerajaan bintoro Demak sehingga menjadi satu wilayah kabupaten Demak. Kemudian Nama Desa Tegowanu Kulon diambil dari Desa yang berbatasan paling barat/Kulon dengan Kabupaten Demak yang luas wilayah 165,87 Ha. Maka dengan keinginan dan cita-cita poro sesupuh desa beserta masyarakat yang ada mendirikan sebuah Dusun/kelurahan dengan nama Tegowanu Kulon hingga sekarang.