Grobogan–Tolok ukur keberhasilan pembangunan Nasional, tidak terlepas dari keberhasilan pembangunan di tingkat desa/kelurahan, untuk itu, maka seluruh elemen baik pemerintah desa/kelurahan maupun lembaga kemasyarakatan dituntut harus mampu meningkatkan kemampuan dan kemandiriannya dalam penyelenggaraan pemerintahan.

Tim Program Inovasi Desa (TPID) Kecamatan Tegowanu menggelar pelatihan pengembangan sumberdaya manusia (SDM) kepada  anggota Kader Pembangunan Manusia (KPM), di Hotel Front One Purwodadi, Rabu 24 Juli Sampai dengan Kamis 25 Juli 2019 (24/7).

TPID Kecamatan Tegowanu, mengatakan, pelatihan diberikan kepada  anggota KPM dari 2 Kecamatan yaitu Kecamatan Tegowanu dan Kecamatan Gabus terebut dilakukan sebagai salah satu betuk peningkatan kapasitas KPM sebagai pemegam program pencegahan stunting di desa.

“Salah satu tujuan pelatihan pengembangan SDM ini untuk meingkatkan kapasitas terutama membentuk konvergensi dalam menangani masalah stunting yang ada di desa masing-masing,” kata salah satu panitia pelatihan.

Menurut Panitian penyelenggara menerangkan salah satu program yang akan dijalankan oleh KPM yaitu pembentukan forum rumah desa sehat (RSD) yang akan akan dijadikan sebagai wadah konsultasi untuk mencegah stunting di desa.

“Dari pelatihan ini akan terbentuk forum RDS yang akan menjadi wadah konvergensi stunting termasuk sebagai rumah inovasi pengembangan sumberdaya manusia,” terangan anggota Panitia.

Sementara Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat Desa, Program Pembangunan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD), Bapak Agung menerangkan, didalam pola kerja KPM tidak bisa berkerja sendiri namun juga harus bekerja dengan kader posyandu, PAUD serta tokoh masyarakat. “Didalam konvergensi stunting ini KPM tidak hanya bekerja sendiri namun juga harus ada dukungan lain darti kader posyandu, tokoh masyarakat, serta dukungan aparatur desa,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, bapak agung mengungkapkan anggota KPM dalam setiap tahun harus memberikan laporan konvergensi stunting yang aka dijadikan sebagai peryaratan pecairan dana desa (DD).

“Dan tugas yang terpenting hasil konvergensi stunting harus dilaporkan, karena ini akan menjadi persyaratan pencairan DD tahap ketiga,” ujarnya.

Pelatihan Kader Pembangunan Masyarakat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *